Monday, January 13, 2014

Paket data Telkomsel yang bermasalah

Dua hari lalu pada saat perpanjangan paket data berlangganan seharusnya dilakukan terjadi kegagalan yang dari informasi sistem bahwa tidak memungkinkan karena pulsa tidak mencukupi. Ini aneh, sebab saya tidak melakukan aktivitas internet (tidur) dan hp dalam kondisi siaga.
Hari ini (13012014) saya mengunjungi Grapari depok untuk menanyakan hal ini. Kejadian ini sudah dua kali saya alami dimana pada waktu perpanjangan paket data seharusnya dilakukan, tidak terjadi. Yang terjadi malah sisa kuota yang ada dan pulsa yang tersedia -yang seharusnya untuk perpanjangan paket data- malah tersedot untuk aktivitas internet yang tidak saya lakukan.
Dari informasi yang saya dapat dari petugas layanan pelanggan ditampakkan bahwa ada aktivitas internet sesaat sebelum perpanjangan dimana aktivitas tersebut menyedot seluruh sisa kuota dan pulsa yang ada.
Kejadian ini juga pernah terjadi pada adik saya dengan sisa kuota dan nilai pulsa yang lebih besar.
Ini aneh, jika terjadi kesalahan pada sistem, mengapa telkomsel tidak memperbaikinya? Jika ini bisa terjadi pada saya hingga dua kali dan juga tejadi pada adik saya, tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang lain. Bisa dibayangkan berapa kerugian yang dialami oleh pelanggan telkomsel yang mengaku mempunyai lebih dari 11 juta.
Dari petugas grapari tesebut saya diperlihatkan aktivitas internet yang tidak saya lakukan. Dan keluhan yang saya ajukan juga bukan pertama kali dia terima. Pertanyaannya, mengapa hal ini bisa terjadi? Mengapa terjadi pada setiap periode ketiga perpanjangan otomatis? Bisakah nilai pulsa dikembalikan? Dan yang lebih penting, mengapa telkomsel tidak memperbaikinya ketika tahu ada masalah seperti ini?

=======

Baiklah, setelah beberapa kali pertanyaan dan menunggu, akhirnya pulsa yang tersedot kemarin telah dikembalikan tanggal 15 Januari 2014 lalu. Cukup cepat dari waktu yang dijanjikan (3x24jam). Terima kasih.
Setelah keluhan yang saya ajukan di bagian atas tulisan ini saya sampaikan melalui twitter kepada akun @Telkomsel. Juga setelah melalui serangkaian pertanyaan yang -diantaranya, jawabannya sebenarnya ada di tulisan ini- diajukan oleh beberapa admin.
Sebagai masukan saja, mungkin petugas layanan perlu untuk lebih sering membaca info produk dan solusinya jika terjadi masalah agar tidak terjadi hal seperti perulangan mengajukan pertanyaan yang sama oleh petugas yang berbeda.
Justru adalah nilai lebih jika pelanggan mau bersusah payah menuliskan kronologi masalah yang dihadapi ketimbang mengajukan pertanyaan yang berpotensi menimbulkan kekesalan pelanggan. Karena tidak semua pelanggan punya ingatan yang kuat atau kesabaran berlebih.

No comments:

Post a Comment